May 26, 2019

Sebagian besar pecinta kucing tidak perlu diberi tahu bahwa pelukan dan kudapan kucing yang stabil akan membuat teman kucing mereka bahagia. Tapi apa sajakah metode untuk menunjukkan tanda kasih sayang kucing Anda lebih dalam? Dengan mempelajari lebih lanjut tentang perilaku kucing bawaan, Anda dapat meningkatkan ikatan yang Anda bagikan. Berikut adalah delapan cara menyenangkan untuk menunjukkan kecintaan anda ke  kucing

1. Menatap Lembut ke Mata Kucing Anda
Anda dapat menunjukkan kasih sayang ke kucing Anda hanya dengan melihatnya? Hanya butuh kemahiran. “Ketika Anda melihat kucing Anda, selalu gunakan tatapan lembut dan jangan pernah menatap tajam,” kata Pam Johnson-Bennett, CCBC, dan penulis terlaris “CatWise.” “Di dunia binatang, tatapan langsung dipandang sebagai ancaman.”

“Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kasih sayang,” Johnson-Bennett menambahkan, “tawarkan mata perlahan juga.” Dalam bahasa kucing, berkedip perlahan menandakan bahwa Anda santai dan berarti tidak ada salahnya. Jika kucing Anda merasakan cinta juga, ia mungkin berkedip kembali. “Ini biasanya disebut sebagai ciuman kucing,” kata Johnson-Bennett.

2. Menghargai Preferensi Petting
Pernahkah kucing Anda mendatangi Anda untuk berpelukan, kemudian keluar dari lengan Anda beberapa detik kemudian? Jika demikian, Anda mungkin perlu memodifikasi gaya petting Anda. “Tubuh kucing sangat sensitif, dan ketika Anda mengelus area tertentu, Anda ingin mendapatkan reaksi positif dan bukan malah defensif,” kata Johnson-Bennett. Misalnya, beberapa kucing menikmati garukan dagu yang baik, tetapi yang lain lebih suka sapuan panjang dari kepala hingga kaki. “Amati bagaimana kucing Anda bereaksi ketika Anda mengelus berbagai bagian tubuh sehingga Anda akan tahu apa yang menciptakan reaksi yang tenang dan menyenangkan,” kata Johnson-Bennett.

Dan sementara banyak pecinta kucing mungkin bisa memelihara kucing selama berjam-jam, penting untuk mengetahui kapan harus berhenti. “Anda selalu ingin mengakhiri sesi dengan nada positif,” kata Johnson-Bennett, “jadi perhatikan sinyal bahwa kucing mulai bosan dengan kontak fisik.” Mempelajari bagaimana kucing Anda berkomunikasi dengan tubuh mereka dapat membantu Anda mengetahui kapan kucing Anda siap untuk mengakhiri sesi petting mereka.

3. Perkaya Lingkungan Kucing Anda
Kucing menghabiskan banyak waktu di rumah, jadi sangat penting bahwa lingkungan mereka aman dan merangsang. “Semua pelukan, petting, mainan, pembicaraan manis, dan bentuk kasih sayang lainnya tidak akan masalah jika kucing tidak merasa aman atau stres,” kata Johnson-Bennett. Pastikan kucing Anda merasa aman dan memiliki akses mudah ke sumber daya seperti makanan, air dan kotak kotoran kucing. “Tidak perlu banyak mengubah lingkungan agar lebih ramah terhadap kucing,” kata Johnson-Bennett. “Hanya perlu melihat hal-hal dari sudut pandang kucing.”

Ada banyak lagi cara untuk memperkaya lingkungan kucing Anda di luar dasar-dasarnya. Mikel Delgado, ahli perilaku hewan terapan bersertifikat dan salah satu pendiri Feline Minds, merekomendasikan barang-barang seperti penggaruk kucing, tempat bertengger jendela dan pohon kucing, yang membantu kucing merasa lebih aman dan membiarkan mereka mengawasi wilayah mereka. Dia juga tidak bisa melebih-lebihkan nilai tempat tidur yang dipanaskan. “Semua kucing senang menjadi lebih hangat daripada manusia,” katanya. “Dan ini sangat bagus untuk kucing yang lebih tua yang mungkin memiliki sendi yang berderit.”

4. Rawat Predator Alami Kucing Anda
Kucing adalah predator alami, tetapi mainan tikus yang dikunyah di belakang sofa tidak menjadi mangsa yang sangat menantang. “Saya pikir salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta pada kucing Anda adalah dengan melibatkan mereka dengan waktu bermain interaktif setiap hari,” kata Delgado. “Permainan interaktif berarti Anda menggerakkan mainan — seperti tongkat bulu atau mainan Penari Kucing — seperti mangsa, sehingga kucing Anda bisa dilepaskan seperti predatornya.” Aktivitas ini tidak hanya memelihara perilaku kucing bawaan, tetapi juga memberikan latihan yang mengurangi stres, juga. “Ini cara yang bagus untuk mengikat,” kata Delgado, “terutama ketika kucing Anda bukan tipe yang suka diemong.”

5. Gunakan Mainan Puzzle Makanan
Anda mungkin tidak ingin harus menyelesaikan puzzle cube sebelum makan. Namun, memberikan puzzle makanan kepada kucing Anda adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pemburu dalam dirinya dan memberinya latihan mental. “Saya penggemar berat mainan atau teka-teki mencari makan yang mengharuskan kucing Anda memanipulasi bola atau benda lain untuk mengeluarkan makanan,” kata Delgado. Mulailah kucing Anda dengan mainan pengeluaran makanan kucing yang lebih sederhana yang memungkinkannya melihat makanan kucing atau makanan kucing di dalamnya, seperti mainan bola perawatan Catit atau mainan kucing Petsafe Funkitty Egg-cersizer. Kemudian perkenalkan mainan puzzle yang lebih sulit dari waktu ke waktu, seperti mainan kucing aktivitas menyenangkan Trixie atau mainan kucing KONG Active. Pecinta kucing yang licik dapat menikmati membuat teka-teki makanan di rumah.

6. Buat Berburu Harta Karun
Berburu dan mencari makan adalah perilaku kucing alami, tetapi dapat dimengerti jika kucing Anda tidak melakukan banyak hal baik di ruang tamu Anda. Anda bisa mengubahnya dengan menciptakan perburuan harta karun makanan untuk kucing. “Tempatkan makanan dan camilan di atas pohon kucing, rak, di mainan dan kotak puzzle dan tempat-tempat lain untuk dicari kucing,” kata Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat yang dikenal sebagai The Cat Coach dan penulis “Naughty No More.” Perburuan harus dimulai dengan mudah, dengan makanan ditempatkan di mana kucing Anda bisa melihatnya. Anda dapat meningkatkan kesulitan dengan menempatkan makanan di tempat yang lebih sulit untuk dijangkau seperti pohon kucing, tetapi jangan membuatnya terlalu sulit, kata Krieger. “Game ini harusnya menantang, bukan membuat frustrasi.”

7. Hadiahi Perilaku Baik
Teknik yang sama yang membantu menangani perilaku kucing yang tidak diinginkan juga dapat memperkuat ikatan dengan manusia, jelas Krieger. Pelatihan clicker, metode pelatihan penguatan positif, menggunakan suara yang konsisten, seperti klik dari clicker, untuk berkomunikasi dengan kucing ketika dia melakukan perilaku yang diinginkan. Pelatihan clicker kucing menyenangkan untuk kucing dan juga membuat lingkungan rumah mereka lebih nyaman. “Ini efektif untuk menyosialisasikan kucing dan membantu mereka merasa lebih aman di sekitar orang-orang mereka,” kata Krieger.

8. Perlihatkan Tanda-Tanda Kasih Sayang Kucing Anda Setiap Hari
Bahkan jika kucing Anda pemeliharaannya rendah, tunjukkan cinta kucing Anda setiap hari. Seperti yang dikatakan Krieger, “Adalah wajib bagi pecinta kucing untuk menjadwalkan waktu membelai, memeluk, dan membelai khusus dengan kucing mereka — yaitu, untuk kucing yang suka dibelai dan dipeluk.” Dan untuk kucing yang tidak, Anda harus semoga menemukan beberapa cara baru untuk menikmati waktu berkualitas itu.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *