February 15, 2019

Arthritis adalah salah satu penyakit paling umum yang menyerang anjing dan kucing. Ini bisa menjadi sumber sakit kronis dan secara negatif mempengaruhi kualitas hidup mereka. Juga dikenal sebagai penyakit sendi degeneratif, artritis terjadi ketika sendi tidak stabil yang menyebabkan tulang bergerak tidak normal di dalam sendi. Tulang rawan garis sendi bertindak sebagai penghalang antara tulang. Seiring waktu, gerakan abnormal ini mengikis tulang rawan dan tulang mulai bergesekan dengan tulang sehingga menimbulkan peradangan dan nyeri kronis.

Mengenali Arthritis pada Anjing dan Kucing
Tanda radang sendi yang paling jelas adalah anjing atau kucing yang pincang. Namun, ada banyak tanda-tanda halus lainnya yang mungkin mengindikasikan hewan peliharaan Anda tidak nyaman. Seringkali yang diperhatikan orang adalah bahwa hewan peliharaan mereka yang lebih tua tampaknya “melambat.” Mungkin anjing Anda tidak menaiki tangga seperti dulu atau butuh sedikit lebih lama untuk pulih setelah seharian bermain. Jika anjing Anda dulu mengikuti Anda di sekitar rumah dan sekarang ia hanya tinggal di satu tempat, ini juga bisa menjadi pertanda masalah mobilitas.

Karena kucing biasanya tidak aktif seperti anjing, tanda-tanda radang sendi mereka mungkin sedikit berbeda. Kucing dengan artritis biasanya mulai buang air kecil atau besar di luar kotak kotoran karena terlalu menyakitkan bagi mereka untuk melompat ke dalamnya. Anda mungkin memperhatikan juga bahwa kucing Anda sedang melakukan perawatan di satu area, yang bisa mengindikasikan rasa sakit artritis fokal. Ini hanya beberapa contoh. Intinya: jika Anda melihat ada perubahan dalam perilaku hewan peliharaan Anda, segera bicarakan dengan dokter hewan Anda.

Apakah Hewan Peliharaan Saya Rentan terhadap Artritis?
Anjing ras besar seperti anjing Labrador dan German Shepherds dapat memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki penyakit sendi di pinggul dan sikunya. Mulailah anak anjing Anda dengan memberi makan makanan anak anjing jenis besar yang dirancang khusus untuk memastikan hewan peliharaan Anda menerima keseimbangan nutrisi yang tepat sehingga tulang dan persendiannya berkembang dengan kecepatan yang sesuai. Jika pertumbuhan terjadi terlalu cepat maka persendian dapat terbentuk secara tidak normal yang mengakibatkan penyakit sendi.

Cara untuk Mencegah (dan Mengobati) Artritis pada Anjing dan Kucing
Untungnya, ada banyak cara untuk mencegah radang sendi berkembang serta untuk mengobatinya begitu sudah masuk. Cara terbaik untuk mencegah radang sendi pada anjing dan kucing adalah dengan menjaga hewan peliharaan Anda pada berat badan yang ideal. Ini akan mengurangi tekanan yang ditempatkan tubuh pada persendian dan membantu menjaga benda tetap bergerak seperti seharusnya. Jika Anda memperhatikan bahwa anjing atau kucing Anda memiliki “bantalan ekstra” di sekitar tulang rusuk atau perutnya maka Anda harus segera berbicara dengan dokter hewan untuk mengetahui apakah hewan peliharaan Anda kelebihan berat badan. Mereka juga akan dapat membantu Anda dengan rencana menurunkan berat badan.

Diet terapeutik, ditemukan di toko makanan hewan kesayangan Anda, adalah pilihan bagus lainnya untuk hewan peliharaan yang memiliki masalah mobilitas. Diet ini dapat diformulasikan secara khusus untuk mengatasi banyak masalah kesehatan, termasuk radang sendi. Misalnya, makanan hewan terapeutik dengan asam lemak Omega 3 dan 6 yang seimbang dalam rasio tertentu dapat membantu hewan peliharaan Anda dengan mengurangi peradangan dan menargetkan jalur nyeri. Ketika digunakan dengan benar di bawah pengawasan dokter hewan, diet terapeutik yang diberikan kepada hewan peliharaan mungkin membuat mereka berlari, berjalan, dan melompat hanya dalam beberapa minggu. Dokter hewan Anda juga dapat merekomendasikan diet terapeutik dengan glukosamin dan kondroitin sulfat, dua suplemen nutrisi yang umum digunakan yang mendukung kesehatan sendi dengan mempertahankan tulang rawan dan memperbaiki segala cacat yang mungkin ada.

Anda mungkin tergoda untuk melengkapi makanan hewan peliharaan Anda saat ini dengan asam lemak, glukosamin atau kondroitin sendiri, tetapi perlu diketahui bahwa sulit untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat dengan makanan tersebut. Ini juga akan menambah kalori yang tidak diinginkan ketika Anda mencoba untuk menjaga hewan peliharaan Anda tetap langsing. Hal yang hebat tentang diet terapeutik yang diformulasikan khusus untuk arthritis adalah mereka memiliki jumlah kalori keseluruhan yang lebih rendah dan tambahan kalori dari penambahan asam lemak telah diperhitungkan. Oleh karena itu Anda memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk kelebihan berat badan hewan peliharaan Anda dengan kalori, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Jika tidak melakukan trik di atas , maka mungkin sudah saatnya untuk mulai mendiskusikan pengobatan nyeri dengan dokter hewan Anda. Penyakit sendi harus ditangani agar hewan peliharaan Anda senyaman mungkin. Tapi seperti kata pepatah pencegahan selalu merupakan obat terbaik. Jagalah hewan peliharaan Anda tetap langsing dan jika Anda melihat ada kekakuan, pincang atau melambat pada anjing atau kucing Anda, segera bicarakan dengan dokter hewan tentang diet terapeutik dan perawatan rematik lainnya yang tersedia untuk hewan peliharaan Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *