November 5, 2018

Ungkapan “Anda tidak bisa mengajarkan trik baru pada anjing tua” sering kali bukan tentang anjing. Tetapi dalam arti harfiah, menanyakan apakah kebiasaan lama dapat diganti dengan perilaku baru adalah pertanyaan yang bagus.

Molly Sumner Sumridge, konsultan perilaku anjing bersertifikat dan pemilik Sahabat Baik di Frenchtown, New Jersey, merasa bahwa usia tidak ada hubungannya dengan kemampuan belajar, meskipun ia mengutip belajar sejarah sebagai tantangan potensial. “Anak anjing adalah batu tulis yang bersih, jadi kebiasaan belum dirumuskan. Menjadi konsisten dan menjaga segala sesuatunya sederhana adalah kunci untuk melatih anjing dari segala usia. ”

Untuk anjing senior, kecuali mereka menunjukkan tanda-tanda disfungsi kognitif yang signifikan, pelatihan tidak boleh berbeda dengan anjing dewasa yang lebih muda, meskipun mereka mungkin memiliki stamina yang kurang untuk pengulangan. Sumridge memiliki anjing senior yang setengah buta, tuli dan berjuang dengan masalah kognisi, tetapi masih ingin terus belajar. Sumridge yakin bahwa pelatihan adalah apa yang membuatnya bertahan hingga usia 16 tahun.

Tips Pelatihan untuk Anjing Tua
Mulailah dengan Trik Anjing Mudah

Belajar membantu menjaga otak anjing tetap bugar. Mulailah dengan trik anjing yang mudah seperti yang Anda lakukan pada anak anjing, tetapi begitu mereka berhasil, jangan takut untuk mencoba trik anjing yang lebih rumit.

Latihlah dengan Jelas dan Pelan pelan
Ketika seekor anjing bingung atau gagal, itu biasanya karena sesuatu yang manusia lakukan atau tidak lakukan, seperti tidak jelas, terburu-buru atau menggabungkan terlalu banyak perilaku belajar bersama. Salah satu tantangan terbesar dalam melatih anjing dewasa adalah kriteria yang jelas dan penguatan yang murah hati.

“Pemilik yang khawatir tentang pelatihan dilakukan cepat dan tanpa hadiah akan sangat kecewa,” kata Sumridge. “Terlepas dari usia, ketika kita memperlambat dan memberi hadiah pada setiap langkah kecil, kita mendapatkan anjing yang senang, ingin bekerja sama.” Kesabaran sangat penting, tetapi dengan anjing senior, kesabaran dan kasih sayang ekstra sangat penting ketika mengajarkan trik anjing, terutama jika mereka berjuang dengan penurunan kognitif dan fisik.

Coba Mainan Anjing Interaktif
Shannon Stanek, DVM, pemilik dan kepala dokter hewan dari Exton Vet Clinic di Pennsylvania, mengatakan bahwa sebagian besar anjing berkembang pesat dalam interaksi dan menggunakan otak mereka, berapapun usia mereka.

Mainan interaktif anjing seperti mainan anjing OurPets Buster Food Cube dan mainan anjing Sibuk Buddy Kibble Nibble adalah “asisten pelatihan” yang hebat. Sumridge sangat merekomendasikan mainan dan dispenser anjing untuk merawat anjing dari segala usia yang sibuk dan manula merasa muda.

Mereka juga menyediakan outlet untuk perilaku mencari makan alami dan bertindak sebagai rangsangan otak positif, membakar energi dan mengirim hormon bahagia ke otak. “Ini disebut contrafreeloading,” Sumridge menjelaskan. “Anjing mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan dari bekerja untuk mendapatkan makanan. Untuk anjing senior, ini membuat mereka menggunakan otak mereka, yang membantu mencegah kemunduran kognitif. ”

Bersikap Konsisten dan Positif
Berfokus pada konsistensi adalah kunci keberhasilan pelatihan. Stanek menekankan latihan positif dan membangun kepercayaan diri untuk anak anjing dan anjing dewasa. “Perbedaan terbesar adalah bahwa anjing dewasa biasanya harus menghilangkan kebiasaan buruk,” katanya. “Mereka mungkin juga takut akan hal-hal baru. Anjing yang lebih tua biasanya lebih tenang dan mau tetapi mungkin memiliki masalah kognitif, sedangkan anak anjing mau dan mencari bimbingan. ”Anjing belajar dengan baik melalui pengulangan.

Nilai Kesehatan Hewan Peliharaan Senior Anda
“Masalah terbesar yang saya lihat dengan anjing yang lebih tua adalah bahwa penurunan kognitif dan fisik mereka dihapuskan saat anjing semakin tua. Usia bukanlah penyakit, ”kata Dr. Stanek. Jika seekor anjing mengalami kesulitan dengan pelatihan, maka yang terbaik adalah meminta dokter hewan mengevaluasi masalah kesehatan yang mungkin menjadi faktor penyebabnya. Ini dapat terjadi lebih sering pada anjing yang lebih tua.

Jika penyakit fisik ditangani, kadang-kadang dapat memecahkan masalah pelatihan. Ini terutama terjadi pada perilaku rumah yang kotor dan merusak. Selain keterbatasan fisik karena usia, Dr. Stanek tidak melihat kebutuhan untuk membatasi jumlah pelatihan yang dilakukan dengan anjing senior.

Bangun Hubungan / Komunikasi yang Baik
Dalam kasus di mana Anda tidak tahu sejarah anjing, seperti dengan nyasar atau menyelamatkan anjing, ada baiknya memulai dengan membangun hubungan. Hadiahi anjing untuk perilaku sederhana seperti bersantai, duduk sendiri atau mendatangi Anda.

Kepercayaan membutuhkan waktu, terutama jika mereka telah mengalami trauma. Makanan anjing dan camilan anjing menawarkan cara yang bagus untuk memperkuat ikatan dan membantu anjing berinteraksi dengan Anda.

Setelah kepercayaan diperoleh, Anda dapat beralih ke pelatihan perilaku dasar. Pelatihan dapat membuat anjing senior tetap aktif, sehat dan bahagia.

Jangan Menyerah
Sumridge berkata, “Jangan pernah menyerah untuk melatih anjing Anda berdasarkan usia. Belajar adalah usaha seumur hidup; itu membuat anjing Anda tetap muda dan ikatan Anda kuat. “

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *