January 20, 2019

Labu adalah makanan / camilan musim gugur dan musim dingin yang populer yang ditunggu banyak orang setiap tahun. Sementara manusia bisa menikmati sederetan makanan labu, bagaimana dengan kucing kita?

Manfaat Kesehatan Labu untuk Kucing
Labu polos adalah sumber serat yang baik untuk kucing. Bahkan, banyak dokter hewan beralih ke labu sebagai obat untuk sembelit pada pasien kucing.

Angelo Maggiolo, direktur medis Klinik Hewan County di Yonkers, New York, sering merekomendasikan labu sebagai cara yang mudah untuk mengatasi sembelit ringan pada kucing. “Ini akan membuat usus besar bergerak sedikit lebih baik pada kucing yang cenderung mengalami sembelit,” katanya.

Serat yang ditemukan dalam labu juga menambah jumlah besar pada makanan, membuat kucing merasa lebih kenyang, jelas Dr. Heather Meyers, dokter hewan untuk Carolina Pets Hospital di Wesley Chapel, North Carolina. Ini sangat bermanfaat bagi kucing gemuk yang sedang diet. Menambahkan labu pada waktu makan bahkan dapat membantu mencegah masalah kantung dubur yang menyakitkan atau membantu mengurangi rambut.

Dan sementara labu merupakan sumber vitamin A dan C yang baik, yang membantu mendukung penglihatan dan kesehatan sistem kekebalan tubuh, Meyers menyarankan bahwa labu tidak perlu digunakan sebagai suplemen vitamin. “Kucing umumnya tidak kekurangan vitamin ini jika mereka melakukan diet seimbang,” katanya.

Labu juga mengandung zinc, yang dapat membantu memperbaiki kulit dan mantel kucing, dan cucurbitacin, senyawa biokimia yang dianggap memiliki aktivitas melawan parasit usus. Namun, dengan diet yang seimbang dan perawatan hewan yang tepat, sebagian besar masalah ini dapat diatasi tanpa perlu labu.

Cara Menyajikan Labu untuk Kucing
Jika kucing Anda menyukai labu, cara terbaik untuk menyajikannya adalah langsung dari kaleng. Hindari produk labu kalengan yang mengandung rasa atau gula tambahan, terutama jika kucing Anda menderita diabetes. “Anda benar-benar hanya ingin labu polos,” kata Meyers. Campurkan antara satu sampai empat sendok teh labu kalengan dengan makanan kucing satu hingga dua kali sehari. Dokter hewan Anda dapat menyarankan labu dalam jumlah tertentu untuk disajikan, tergantung pada kondisi kucing Anda.

Jika kucing Anda rewel menolak labu, konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk alternatif. Menurut buku Kedokteran Hewan Merck, satu hingga empat sendok teh per makan psyllium atau satu hingga dua sendok makan dedak gandum juga dapat ditambahkan ke makanan kaleng sebagai suplemen serat. Selama kucing Anda terhidrasi dengan baik, zat aditif ini dapat membantu mengatasi sembelit. Pastikan untuk berbicara dengan dokter hewan Anda terlebih dahulu, sebelum membuat perubahan apa pun pada diet kucing Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *